Bermain Clone Stamp Tool Photoshop

Posted by on December 10, 2011 in Blog, Tutorial dyudo | 6 comments

Bermain Clone Stamp Tool Photoshop

 

Clone Stamp Tool adalah fasilitas yang sangat luar biasa di Photoshop.

Seringkali  kita temui obyek yang menggangu di dalam foto yang bisa berupa kabel listrik, puntung rokok, atau malah teman kita sendiri. Hebatnya dunia olah digital adalah kemungkinan yang semakin luas untuk mengubah foto sesuai keinginan kita, termasuk “melenyapkan” si obyek pengganggu tadi.
Dalam tutorial ini kita akan berkenalan dengan tools yang ajaib dari Photoshop, Clone Stamp Tool namanya. Yang hebat dari clone stamp tool ini kita bisa mengambil sampel bagian foto untuk kita gukanan di tempat lain. Agak susah menerangkannya dalam kata-kata, mari kita lihat saja contoh penggunaannya.
Foto ini saya “curi” ketika saya dan model  -sahabat sekaligus penasihat website ini- kemping di kepulauan seribu. Banyak sekali obyek minor yang mengganggu buat saya, misalnya kapal, tali penambat dan peralatan tempur si model. Kita akan menghilangkan itu semua supaya foto ini tampak lebih clean dan model tampak lebih menonjol.

tutorial clone stamp tool photoshop

Pertama kita buka file, dan duplicate background layer (ctrl + J). Saya suka men-duplicate  layer  agar nantinya saya bisa membandingkan hasil editing dengan foto awalnya. Oke, setelah duplicate pastikan kita bekerja di layer hasil duplikasinya.

tutorial clone stamp tool photoshop

Aktifkan Clone Stamp Tool (shortcut dengan Tombol S).

photoshop clone stamp tool tutorial

Pada prinsipnya Clone Stamp Tool akan bekerja seperti tool brush, sehingga kita dapat menyesuaikan ukuran brush yang dibutuhkan. Biasakan memulai dengan ukuran brush kecil, karena semakin besar brush maka area sampel yang diambil juga akan besar. Prinsip kerjanya adalah menyamarkan sebuah area menggunakan sampel dari area lain. Semakin kecil ukuran brush memang membutuhkan effort yang lebih besar, namun hasilnya akan lebih “rapih”.

photoshop clone stamp tool tutorial

Sebagai contoh, langkah pertama saya akan mencoba menghilangkan tali penambat kapal. Saya gunakan ukuran brush sesuai besar penampang tali saja.
Untuk menggunakan clone stamp kita harus terlebih dulu mengambil sampel area. Caranya : arahkan kursor/pointer mouse di area yang akan kita tumpukkan tali kapal, dalam hal ini sampelnya adalah air laut. Tekan tombol Alt dan klik mouse untuk mengambil sampel (ALT-Click).
Setelah itu klik pointer di area tali.  Ada perubahan bukan?

photoshop clone stamp tool tutorial

Seperti halnya brush biasa, kita juga bisa menggunakan clone stamp dengan cara menyapukan brush clone stamp di sepanjang area yang ingin kita hilangkan.
Tips : untuk hasil yang lebih baik, ambillah sampel (ALT-Click) sedekat mungkin dengan area yang ingin dihilangkan.

Klik terus, sapukan terus clone stamp di bagian yang ingin dihilangkan. Jangan malas untuk sesering mungkin mengambil sampel area (ALT-Click)!
Sudah mulai melihat perbedaannya ?

clone stamp tool di photoshop

Oke, sekarang kita akan menghilangkan kapal yang menempel di badan model. Untuk memisahkan obyek seperti ini kita butuh bantuan selection tools. Gunanya supaya batas obyek utama tidak hilang ketika kita menyapukan clone stamp tool.
Aktifkan Magnetic lasso tool (key L).

clone stamp tool di photoshop

Fungsi utama Magnetic lasso adalah melakukan seleksi. Cara menggunakannya : press and hold Alt key, lalu klik kursor mouse mengikuti bagian yang ingin diseleksi. Akan muncul garis  putus-putus seperti barisan semut di sepanjang area yang kita seleksi.

clone stamp tool tutorial

Hasil seleksi kita kurang lebih seperti gambar di bawah ini. Setelah itu kita gunakan lagi clone stamp didaerah yang telah kita seleksi. Terlihat hasilnya ?

tutorial clone stamp tool

Dengan cara yang saya sebutkan diatas, memanfaatkan Clone stamp dan dibantu Magnetic lasso kita hilangkan lebih banyak lagi obyek yang menggangu.

tutorial clone stamp tool di photoshop

Hasil akhir pembersihan plus tambahan “sedikit aksesoris” akan terlihat seperti gambar dibawah ini.

tutorial clone stamp tool photoshop

Mudah dan menyenangkan bukan? Nah, Selamat mencoba.

Special Thanks to Novem.

 

Dimas Yudo Pratomo (dyudo), fotografer lepas, tinggal di Jakarta. Gaya uniknya adalah gabungan kemampuan fotografi, digital imaging dan personal taste dari hati. Sebuah foto baginya, adalah cara berkomunikasi dan sebuah pernyataan kreativitas. Kontak via email ke info[at]dyudo.com atau twitter @dyudo

6 Comments

  1. tanks atas informasi nya sangat membatu saya sebagai pemula photoshop

    • sama-sama mas :)

  2. pada saat kita mengunakan stamp kita ingin mengambil objeck sedangkan objeck nya tergantung pada tanda (+) bagai mana cara mengatur tanda tersebut

    tanks

    • dear mas aprizal,
      picker clone tools bekerja mirip seperti brush. Jika dirasa kurang besar atau malah kurang kecil …. size-nya bisa kita atur seperti brush. :)

  3. bagaimana settingan nya. soal nya saat saya coba hasil nya tidak sama??

    • boleh di-share hasilnya mas, mungkin ada yang terlewat …siapa tahu saya bisa membantu. :)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>