Jenis Kertas Foto

Posted by on December 10, 2011 in Blog, Tutorial dyudo | 0 comments

Jenis Kertas Foto

Jenis kertas foto yang dikenal luas biasanya glossy dan doff.

Bahan glossy memiliki permukaan yang halus dan memantulkan lebih banyak cahaya yang membuatnya terlihat mengkilap. Tapi jenis kertas foto ini cenderung mudah lengket, rawan gores dan berbekas sidik jari. Matte paper, disebut juga doff paper memiliki permukaan lebih bertekstur dan lebih sedikit memantulkan cahaya. Jenis kertas foto ini lebih awet karena bisa dipegang tanpa takut bekas sidik jari. Selain kedua jenis kertas foto yang telah disebut sebelumnya, masih ada setidaknya 2 jenis kertas foto yang umum digunakan yaitu,  canvas paper dan metalic paper.

Saat ini umumnya foto dicetak  -terutama untuk ukuran besar- dengan printer/ploter diatas premium photo paper. Untuk finishing-nya akan foto biasanya dilaminasi dengan lapisan anti gores. Seperti jenis kertas foto, lapisan ini juga punya bermacam jenis mulai dari glossy, bermacam tingkat gradasi doff, serta permukaan bertekstur tertentu (misalnya canvas, cross, glitter dll).

Selain diatas  kertas, foto juga bisa dicetak di media lain. Foto dapat dicetak di atas kaos, yang umumnya menggunakan jenis transfer paper / sublime paper. Printing diatas transfer paper ini dilakukan secara terbalik, setelah itu hasil printing disetrika pada kaos. Selain itu cetak foto diatas Mug (keramik) , pin, dan tas juga marak akhir-akhir ini. Foto kini bisa diaplikasikan di atas media yang lebih beragam.

Dimas Yudo Pratomo (dyudo), fotografer lepas, tinggal di Jakarta. Gaya uniknya adalah gabungan kemampuan fotografi, digital imaging dan personal taste dari hati. Sebuah foto baginya, adalah cara berkomunikasi dan sebuah pernyataan kreativitas. Kontak via email ke info[at]dyudo.com atau twitter @dyudo

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>